Pelatihan Pembuatan Produk Makanan Olahan Nuget untuk Meningkatkan Pendapatan Rumah Tangga Masyarakat Desa Cubadak Air Selatan Kota Pariaman

Authors

  • Fathiah Program Studi Manajemen dan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Sumatra Barat
  • Sulastri Program Studi Manajemen dan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Sumatra Barat
  • Arivetullatif Program Studi Manajemen dan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Sumatra Barat
  • Maharani Putri Program Studi Manajemen dan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Sumatra Barat
  • Rini Afrianti Program Studi Manajemen dan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Sumatra Barat
  • Yanti Murni Program Studi Manajemen dan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Sumatra Barat

DOI:

https://doi.org/10.69930/scitech.v1i3.87

Keywords:

Kata Kunci: Makanan Olahan; Pendapatan; Rumah Tangga

Abstract

Hasil analisis situasi Masyarakat Desa Cubadak Air Selatan menunjukkan bahwa masih kurangnya pengetahuan bagaimana menambah pendapatan rumah tangga dengan makanan olahan. Selama ini Masyarakat desa Cubadak Air Selatan masih mengeluhkan kurangnya pendapatan dalam rumah tangga. Dengan adanya pelatihan ini Masyarakat desa Cubadak Air Selatan terutama ibu-ibu rumah tangga mendapatkan pengetahuan dan ide untuk bisa menambah pendapatan/penghasilan dalam rumah tangga dengan mengolah ayam menjadi nuget ayam.  Dalam pelaksanaan kegiatan pelatihan ditunjang dengan metode ceramah, tanya jawab dan praktek langsung membuat nuget ayam. Pendampingan yang diberikan kepada ibu-ibu rumah tangga untuk peningkatan pengetahuan dan keterampilan dalam pembuatan nuget ayam yang enak gurih dan dapat dipasarkan sebagai pendapatan tambahan rumah tangga nantinya. Selain itu, kegiatan ini dapat menumbuhkan nilai-nilai kebersamaan, yaitu rasa ingin tahu, kreatif, kerja keras, dan jiwa kewirausahan. Kegiatan diawali dengan pelatihan, kemudian dilanjutkan pendampingan bagaimana cara memasarkan produk nuget yang dapat diterima dilingkungan Masyarakat sekitar desa Cubadak Air Selatan. Hasil evaluasi berupa peningkatan pengetahuan dan keterampilan ibu-ibu rumah tangga dalam mengolah ayam menjadi nuget ayam serta dapat memasarkan produknya dilingkungan sekitar dan hasilnya nanti dapat menambah pendapatan rumah tangga.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Artini, N. W. P., & Handayani. (2009). Kontribusi pendapatan ibu rumah tangga pembuat makanan olahan terhadap pendapatan keluarga. Jurnal Kependudukan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, 5(1), 1-10.

Alma, B., & Buchori. (2006). Kewirusahaan. Bandung: Alfabeta.

Aminatuzzahra. (2014). Persepsi pengaruh pengetahuan keuangan, sikap keuangan, dan demografi terhadap perilaku keuangan dalam pengambilan keputusan investasi individu. Journal of Financial Behavior.

Duraisy, B. R. (2015). Manajemen waktu: Konsep dan strategi.

Febrianti, S. (2017). Peran ibu rumah tangga dalam meningkatkan perekonomian keluarga melalui home industri dilihat dari ekonomi Islam (Studi di Desa Bukit Peninjau II Kecamatan Sukaraja Kabupaten Seluma).

Handayani, N. W. P., & Artini. (2009). Kontribusi pendapatan ibu rumah tangga pembuat makanan olahan terhadap keluarga. Jurnal Kependudukan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, 5(1), 1-10.

Situngkir, S., Lubis, P., & Erida. (2007). Peranan ibu rumah tangga dalam meningkatkan pendapatan keluarga (Kasus: Pedagang sayur di Kota Madya Jambi). Jurnal Manajemen dan Pembangunan, 7, 1-10.

Lutfiana, R. (2021). Peran home industry dalam meningkatkan pendapatan rumah tangga (Studi kasus di Batik Tulis Bayu Mukti Desa Kacangan, Kecamatan Berbek, Kabupaten Nganjuk).

Mesra, B. (2019). Ibu rumah tangga dan kontribusinya dalam membantu perekonomian keluarga di Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Manajemen, 11(1), 1-10. http://journal.pancabudi.ac.id

Downloads

Published

2024-07-27

How to Cite

Fathiah, Sulastri, Arivetullatif, Putri, M., Afrianti, R., & Murni, Y. (2024). Pelatihan Pembuatan Produk Makanan Olahan Nuget untuk Meningkatkan Pendapatan Rumah Tangga Masyarakat Desa Cubadak Air Selatan Kota Pariaman. Science and Technology: Jurnal Pengabdian Masyarakat , 1(3), 213–216. https://doi.org/10.69930/scitech.v1i3.87

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.