PELATIHAN PEMBUATAN BROWNIES KOPI LONTARA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN IBU-IBU RUMAH TANGGA DUSUN MALENTENG

Authors

  • Rissa Megavitry Program Studi D4 Tata Boga, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
  • Hezron Alhim Dos Santos Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan. dan Rekreasi, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Makassar
  • Fhatiah Adiba Program Studi Teknik Komputer, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.69930/scitech.v1i2.43

Keywords:

inovasi, kopi, brownies, lontara

Abstract

Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan ibu-ibu rumah tangga mengenai inovasi olahan brownies. Mitra dalam kegiatan pengabdian ini adalah kelompok ibu-ibu rumah tangga yang tinggal di Dusun Malenteng, Desa Erelembang, Kecamatan Tombolo Pao, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.Tahap pelaksanaan kegiatan pengabdian ini terdiri atas 4 tahap yakni persiapan, pelaksanaan, evaluasi, serta rencana tindak lanjut. Adapun beberapa permasalahan yang dihadapi mitra adalah (1) tingginya produksi kopi, (2) kurangnya pengetahuan yang dimiliki oleh mitra sasaran dalam mengolah inovasi produk kopi, dan (3) kurangnya solusi alternatif olahan inovasi produk kopi yang enak dan harga terjangkau. Untuk mengukur keberhasilan pelaksanaan program, maka digunakan beberapa instrumen seperti instrumen pemahaman mengenai inovasi jenis olahan kopi serta instrumen evaluasi kebermanfaatan program pelatihan bagi para mitra sasaran. Berdasarkan hasil evaluasi pelaksanaan pelatihan yang diberikan, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan pengetahuan dan keterampilan mengenai inovasi jenis olahan kopi pada kelompok ibu-ibu rumah tangga yang dilatih.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, S.S., Yusup, S., Ahmad, M. M., Ramli, A., & Ismail, L. (2010). Thermogravimetry Study on Pyrolysis of Various Lignocellulosic Biomass for Potential Hydrogen Production.

Ennis, D. (2014). The Effects of Caffeine on Health: The Benefits Outweigh the Risks. Perspectives, 6(1), 1–5.

Farida, A., R, E. R., & Kumoro, A. C. (2013). Penurunan Kadar Kafein dan Asam Total pada Biji Kopi Robusta Menggunakan Teknologi Fermentasi Anaerob Fakultatif dengan Mikroba Nopkor MZ-15. Jurnal Teknologi Kimia dan Industri, 2(3), 70–75.

Kustiari, R. (2005). Perkembangan Pasar Kopi Dunia dan Implikasinya Bagi Indonesia. Forum American Bar Association, 70, 43–55. https://www.bumn.info/info-bisnis/arabika-jadi-primadona-dunia-ptpn-tingkatkan-ekspor-ke-eropa-dan-as

Mulyanto, B. P., Wulandari, Y. W., & Mustofa, A. (2020). Karakteristik Brownies Kukus Tepung Jewawut (Setarica italica) dan Tepung Maizena Dengan Pengaruh Lama Proses Pengukusan. Jurnal Teknologi dan Industri Pangan, 5(1).

Rizky, T. A., Saleh, C., & Alimuddin. (2015). Analisis Kafein Dalam Kopi Robusta (Toraja) Dan Kopi Arabika (Jawa) Dengan Variasi Siklus Pada Sokletasi. Jurnal Kimia Mulawarman, 13(1), 41–44.

Suhardjito, Y. . (2006). Pastry and Perhotelan. ANDI.

Wahyuningtias, D., Putranto, T. S., & Kusdiana, R. N. (2014). Uji Kesukaan Hasil Jadi Kue Brownies Menggunakan Tepung Terigu dan Tepung Gandum Utuh. Binus Business Review, 5(1), 57.

Widanti, Y. A., & Mustofa, A. (2015). Karakteristik Organoleptik Brownies dengan Campuran Tepung MOCAF dan Tepung Ketan Hitam dengan Variasi Lama Pemanggangan. Joglo, 27(2), 272–280.

Zakaria, A., Aditiawati, P., & Rosmiati, M. (2017). Strategi Pengembangan Usahatani Kopi Arabika (Kasus pada Petani Kopi Di Desa Suntenjaya Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat). Jurnal Sosioteknologi, 16(3), 325–339.

Downloads

Published

2024-05-20

How to Cite

Megavitry, R., Santos , H. A. D., & Adiba , F. (2024). PELATIHAN PEMBUATAN BROWNIES KOPI LONTARA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN IBU-IBU RUMAH TANGGA DUSUN MALENTENG. Science and Technology: Jurnal Pengabdian Masyarakat , 1(2), 141–148. https://doi.org/10.69930/scitech.v1i2.43