PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN LABORATURIUM MULTIMEDIA DKV DI SMK 4 PRAFI MANOKWARI PAPUA BARAT

Authors

  • Nibras Faiq Muhammad Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Agung Suryadi Program Studi Rekam Medik dan Informasi Kesehatan, Fakultas Kesehatan, Universitas Duta Bangsa Surakarta

Keywords:

Kreatifitas; Advokasi; Pusat Keunggulan; Multimedia; SMK 4 Prafi Manokwari

Abstract

Penelitian ini mengulas SMK 4 Prafi di Manokwari, Papua Barat, sebuah sekolah menengah kejuruan yang sukses terpilih sebagai bagian dari program SMK Pusat Keunggulan yang didukung oleh pemerintah. Fokus utama dari penelitian ini adalah untuk mendokumentasikan dan menganalisis pelaksanaan program pengabdian di sekolah, yang secara khusus berorientasi pada bidang Desain Komunikasi Visual (DKV) kreatif multimedia. Kegiatan pengabdian mencakup pendampingan mendetail dalam administrasi dan pelaporan, aspek krusial yang menjamin kepatuhan dan efektivitas dalam penggunaan dana pemerintah. Penelitian ini mengamati bagaimana manajemen dan operasional program diimplementasikan di sekolah serta dampaknya terhadap peningkatan kualitas pendidikan dan kemampuan multimedia siswa. Hasil dari pengabdian ini diharapkan dapat memberikan wawasan penting mengenai kemajuan dalam pendidikan vokasional, dengan fokus khusus pada peningkatan kreativitas dan inovasi dalam pendidikan kejuruan. Lebih lanjut, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan rekomendasi bagi sekolah lain yang berkeinginan untuk mengadopsi program serupa, khususnya dalam hal manajemen dan pelaporan program secara efisien dan transparan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Coyanda, J., Ricoida, D., & Verano, D. (2023). Pelaksanan Ujian Kompetensi IT dalam meningkatkan kualitas lulusan di SMKN Suak Tapeh Banyuasin. AKM: Aksi Kepada Masyarakat. 4(1), 191-198.

Gede Sukarata, P., Astawa, I., Sukerti, G., Suasnawa, I., & Pradnaya, I. (2023). TKJ and Graphic Design Training for Student Strengthening Facing UKK at SMK PGRI Amlapura. Dharma: Jurnal Pengabdian Masyarakat. 4(1), 11-17.

Harsanto, M. F., Hanif, H., Triyana, Rahmawati, & Desyana, T. P. . (2022). Penanaman Nilai-Nilai Keislaman Bagi Siswa di SMK Bina Mandiri Multimedia. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM). 2(1), 94–101.

Herawan, H., Mering, A., Sujaini, H., (2022). Development Of Interactive Multimedia For Learning Computer Hardware Maintenance Vocational High School. Journal of Education, Teaching, and Learning (JETL). 7 (1),120-129.

Hidayat, N., & Suroto, S. (2023). Using Multimedia in Business Communication Learning: Case studies to Improve Vocational Students Business Presentations. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan. 15(1), 611-618.

Siagian, M. ., Wasiman, W., Handoko, K., & Simanjuntak, P. . (2023). Peran Manajemen Kewirausahaan Dan Teknologi Informasi Pada Siswa SMK Hang Nadim Batam: The Role of Entrepreneurship and Information Technology Management in Hang Nadim Batam Vocational School Students. Puan Indonesia. 5(1), 161–166.

Sonjaya, Y. (2023). Analysis of Papua Provincial Government’s Implementation of Accrual-Based Local Government Financial Reporting. Advances in Applied Accounting Research. 1(2), 101–110.

Sudarma, T. F., Tanjung, R., & Junaidi, A. (2023). Digitalisasi Pendidikan Melalui Penerapan Ict Bagi Sekolah Di Desa Saentis Kecamatan Percut Sei Tuan. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM). 4(1), 71–79.

Downloads

Published

2024-05-20

How to Cite

Muhammad, N. F., & Suryadi, A. (2024). PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN LABORATURIUM MULTIMEDIA DKV DI SMK 4 PRAFI MANOKWARI PAPUA BARAT. Science and Technology: Jurnal Pengabdian Masyarakat , 1(2), 46–52. Retrieved from https://journal.scitechgrup.com/index.php/sjpm/article/view/25