DIGITALISASI REKAP DATA IMUNISASI PADA PUSKESMAS BANGKINANG KOTA

Authors

  • Fitri Program Studi Teknik Infomatika, Politeknik Kampar
  • Andri Nofiar. Am Program Studi Teknik Infomatika, Politeknik Kampar
  • Antoni Pribadi Program Studi Teknik Infomatika, Politeknik Kampar
  • Fenty Kurnia Oktorina Program Studi Teknik Infomatika, Politeknik Kampar
  • Fina Nasari Program Studi Teknik Infomatika, Politeknik Kampar
  • Muhammad Ridwan Program Studi Teknik Infomatika, Politeknik Kampar
  • Muhammad Jazman Program Studi Sistem Informasi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Rika Aryati Program Studi Bina Wisata, Akademi Pariwisata (AKPAR) Paramitha Buktitinggi

DOI:

https://doi.org/10.69930/scitech.v1i2.34

Keywords:

Sistem Informasi; Imunisasi; Puskesmas; Posyandu; Masyarakat

Abstract

Posyandu yang berada dilingkungan kerja Puskesmas Bangkinang Kota masih banyak terdapat kendala dalam pengolahan informasi kepada masyarakat, karena masih menggunakan cara manual. Proses manual yang dilakukan dalam kegiatan pelayanan posyandu tersebut dimulai dari melakukan pencatatan kehadiran anak, melakukan pencatatatan data imuniasasi, melakukan penimbangan berat badan anak. Bentuk kegiatan tersebut masih dilakukan dengan pencatatan dikertas atau buku KIA, dan untuk informasi penjadwalan posyandu berikutnya belum tersedia. Kendala yang dihadapi bagi masyarakat jika ingin mendapatkan informasi secara cepat, sering terkandala dengan jam kerja pegawai Posyandu Puskesmas Bangkinang Kota dan pada saat sosialisasi yang dilakukan oleh pegawai Posyandu tidak semua masyarakat hadir atau mengetahui informasi tentang kegiatan Posyandu. Oleh karena itu solusi yang ditawarkan pada usulan program Pengabdian kepada Masyarakat yakni dengan pembuatan sistem informasi rekap data imunisasi Puskesmas Bangkinang Kota. Serta pelatihan penggunaan sistem kepada setiap petugas posyandu dilingkungan Puskesmas Bangkinang Kota.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Angellia,Y.,Destiawati,F.,&Dhika,H.“Perancangan Sistem Informasi Layanan Kesehatan Pada Pos Pelayanan Terpadu Asoka Ii Bekasi,” Teknika. 7(4),182–190.

Anggraini, T. N. Y. A., Ekawati, E.,& Kharisma, K.(2023).“Persepsi Kader Posyandu tentang Penggunaan Sistem Informasi Posyandu di Desa Sukoharjo Ngaglik Sleman,” J. Formil (Forum Ilmiah) Kesmas Respati. 8(1),70.

Gunawan, D. & Andika, V. N.(2023). “Implementasi Teorema Bayes Pada Sistem Informasi Posyandu Dalam Mendeteksi Stunting Pada Balita,” J. Sist. Komput. dan Inform. 4 (4), 692.

Hidayat, A.,Sulistyowati,D.N.,Nurajijah,.& Fauziah,S.(2023). “Digitalisasi Pencatatan Dokumen Kegiatan dan Pelaporan untuk Meningkatkan Kinerja Pelayanan Posyandu Desa Cipenjo,” GENDIS J. Pengabdi. Masy. 1(2), 49–56.

Kemenkes, (2011).Pedoman Umum Pengelolaan Posyandu.

Listiyono,H.,Sani,D.L.,Khristianto,T.,&Soelistijadi,R.(2022).“Desain Sistem Informasi Perpustakaan Universitas Stikubank Semarang Berbasis Web,” Pixel J. Ilm. Komput. Graf. 15(1),121–131.

Pribadi A.et al.,(2023).“Digitalization of Public Services in the Village of East Salo With Website Based Information System,” J. Pengabdi. Kpd. Masy. Terap.1(2), 23–30.

Downloads

Published

2024-05-20 — Updated on 2024-05-21

Versions

How to Cite

Fitri, Nofiar. Am, A., Pribadi, A., Kurnia Oktorina, F., Nasari, F., Ridwan, M., … Aryati, R. (2024). DIGITALISASI REKAP DATA IMUNISASI PADA PUSKESMAS BANGKINANG KOTA. Science and Technology: Jurnal Pengabdian Masyarakat , 1(2), 89–93. https://doi.org/10.69930/scitech.v1i2.34 (Original work published May 20, 2024)

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.